News  

Bimtek Feature di SMA Sanjaya XIV Nanggulan Kulonprogo : “Ngopeni Sing Ora Kopen”

Kepala sekolah, guru dan siswa kelas XI SMA Sanjaya XIV Nanggulan Kulonprogo DIY foto bersama sebelum acara bimtek penulisan Feature di sekolah setempat, Selasa 12/11/2024. (Foto : Ch Endah Heruwati)

bernasnews – Lima belas siswa kelas XI SMA Sanjaya XIV Nanggulan Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta berkomiten untuk terus menambah wawasan antara lain dengan literasi sekolah dan media publik. Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Bhineka Tunggal Ika, mereka terus merawat semangat membaca, menulis dan dialog.

Kepala SMA Sanjaya XIV Nanggulan Tutik Widiastuti ketika membuka bimbingan teknis penulisan Feature di sekolah setempat, Selasa (12/11/2024), berharap agar para siswa didik memiliki motivasi yang kuat untuk maju mengembangkan diri.

Kelima belas siswa yang ikut bimbingan teknis itu adalah Agustinus Sendi Setiawan, Alberto Lawolo, Alfin Mikro Hardyan, Immanoel Natan Widya Pratama, Joyceline, Kini Marnata Zalukhu, Kristina Enjelin Eddyardo, Linurdi Imanuel, Petra Novita Elsa Amanda, Rafael Reyhan, Sara Antonia Momo, Tri Lestari, Veronica Tyas Christina Putri, Vinsensiana Maria Barek Tulit, Yohanes Abi Nurcahyo. Mereka didampingi guru Reinha Angelika Christa Utari dan Bernadetta Herwati.

Kepada para siswa, narasumber Y.B. Margantoro mengemukakan, Feature sebagai bagian dari kelompok tulisan fakta sangat menarik untuk dijadikan pilihan tulisan dalam memotret dinamika kehidupan. Baik antarinsan di lingkungan pendidikan maupun di masyarakat umum.

“Semangat pelindung sekolah Romo Sanjaya yakni ‘ngopeni sing ora kopen’ sangat pas dan menarik diungkapkan dalam karya tulis Feature. Tinggal bagaimana kejelian kita dalam memilih bahan tulisan dan menuliskannya,” kata dia.

Pada kesempatan ini, para peserta diajak “berkenalan” dengan aneka buku untuk memantik inspirasi dan motivasi dalm menulis. Secara personal, peserta diminta membuat refleksi dan secara kelompok diminta membuat tanggapan bersama. (mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *