News  

Dengan Cara Jemput Bola, PMI Cabang Gamping Lakukan Giat Donor Darah

Suasana giat Donor Darah oleh PMI Cabang Gamping, Sleman. (Nuning Harginingsih/ bernasnews)

bernasnews – Guna menambah stok darah dan untuk kesiapan tersedianya darah di Bank Darah Kabupaten Sleman, PMI Kabupaten Sleman bekerjas ama dengan Kapanewon di seluruh wilayah Sleman mengadakan giat Donor Darah.

Kegiatan dilaksanakan dengan cara menjemput bola ke setiap Kalurahan  dengan mengundang para warganya agar bersedia mendonorkan darahnya. Donor Darah tersebut dilakukan dalam  waktu 3 bulan sekali PMI turun ke bawah/ kalurahan, tetapi bila tidak ada kalurahan yang bersedia ketempatan PMI akan tetap melaksanakan donor darah bertempat di Kapanewon.  

Hal itu seperti yang dilakukan PMI Kapanewon Gamping melakukan aksi Donor Darah, dengan sistem jemput bola bertempat di Aula kelurahan Balecatur, Gamping, sleman dan Hotel Diamond, Selasa (30/4/2024).

Menurut keterangan Slamet, salah satu petugas PMI bahwa, apabila  dari kalurahan ada yang menghendaki bersedia mengadakan donor darah bisa mengusulkan ke PMI Kapanewon untuk dikoordinasikan ke PMI Kabupaten Sleman.   

“Untuk PMI tidak ada target khusus  harus memperoleh berapa kantong darah tapi lantaran dari PMI sudah ada progam  kerja yaitu Lada Manis (Layanan Darah Sleman Gratis). Tujuannya adalah untuk kesinambungan stok darah di Sleman  agar tidak kehabisan jika ada yang membutuhkan,” jelas Slamet.

Lebih lanjut Slamet menerangkan, dengan adanya progam Lada Manis yang dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan cara jemput bola, berharap agar kesadaran masyarakat meningkat supaya bersedia mendonorkan darahnya. “Progam Donor darah dengan cara jemput bola ini sudah berjalan kurang lebih 3 tahun,” pungkasnya. (nun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *