Susuri Jalur Luna Maya Nanggulan, Komunitas Gowes BNB dan GSP Gelar Gowes Halal Bike Halal Syawalan 1445H

Suasana persiapan start peserta gowes Halal Bike Halal Syawalan 1445H, dengan mengambil start dan finish bertempat di Girimanah Resto, Pundak II, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, DIY, Minggu (28/4/2024). Foto: Istimewa.

bernasnews — Komunitas Sepeda “Bersepeda Normal Baru” (BNB), “Gowes Sabtu Pagi” (GSP) dan Bank BPD DIY menyelenggarakan gowes Halal Bike Halal Syawalan 1445H, dengan mengambil start dan finish bertempat di Girimanah Resto, Pundak II, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, DIY, Minggu (28/4/2024).

Acara gowes ini dihadiri oleh 50 peserta, antara lain Ibrahim, Kepala BI DIY; Edy Suandi Hamid, Rektor UWM; Hermanto, Deputi Kepala BI DIY; Dian Ariani, Direktur Kepatuhan Bank BPD DIY; Wawan Harmawan, Wakil Ketua KADIN DIY; Catur Sugiyanto, Guru Besar FEB UGM; Djoko Budiyanto, Guru Besar FTI UAJY, dan Y, Sri Susilo, Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta.

“Rute bersepeda sejauh 13,5 km dengan menyusuri kawasan pedesaan dan persawahan di wilayah Nanggulan. Udara segar dan keindahan perbukitan Menoreh dinikmati oleh peserta gowes. Disamping itu, peserta gowes juga berkesempatan menyusuri “Jalur Luna Maya”. Jalur tersebut menyusuri jalan di sepanjang Selokan Mataram di wilayah Nanggulan, Kulon Progo,” jelas Y. Sri Susilo, selaku Koordinator acara gowes tersebut dalam keterangan yang dikirim.

Seperti diketahui, lanjut Y. Sri Susilo menambahkan, di wilayah Naggulan saat ini sebagai wilayah tujuan wisata alam dan kuliner. Wisatawan dapat menikmati sajian kuliner menu tradisional, nusantara dan barat. Menikmati kuilner sambil melihat pemandangan persawahan dan perbukitan Menorah sungguh pengalaman yang luar biasa.

“Girimanah Resto didirikan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang berkunjung di kawasan Nanggulan, Kulon Progo, DIY,” ujar Dosen FBE UAJY yang juga Ketua Pokdarwis Panembahan Gumregah, Kraton, Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua BI DIY Ibrahim mengungkapkan, bahwa sungguh menjadi pengalaman yang luar biasa, bersepeda sambil menikmati pemandangan persawahan dan perbukitan. Ibrahim mayampaikan, bahwa dia sudah beberapa kali menikmati kuliner namun bersepeda di wilayah Nanggulan merupakan pengalaman pertama. “Harus diakui, pengalaman  bersepeda melalui “Jalur Luna Maya” dan sekitarnya layak untuk diulang lagi,” ucapnya.

“Wisata di kawasan Nanggulan dapat mendorong ekonomi Masyarakat,” imbuh Edy Suandi Hamid, Rektor UWM sekaligus Ketua Dewan Pakar ISEI Cabang Yogyakakart. Menurut Edi, berkembangnya kawasan wisata tersebut dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat yang terlibat. Di samping itu, melalui keterkaitan ke depan (forward linkage) dan keterkaitan ke belakang (backward linkage), usaha wisata dapat menarik dan mendorong kegiatan ekonomi yang lain.

“Selanjutnya kawasan wisata tersebut dapat tumbuh menjadi pusat pertumbuhan ekonomi (growth pole) sesuai dengan skalanya masing-masing,” tandas Edy, yang juga penghobi gowes.

Sebagian peserta gowes foto bersama di depan backdrop yang dipasang di venue. (Foto: Istimewa)

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua KADIN DIY Wawan Harmawan mengemukakan, bahwa pelaku usaha seharusnya saling berkolaborasi untuk meningkatkan daya tarik kawasan wisata Nanggulan. Menurut Wawan, kompetisi memang diperlukan untuk meningkatkan kinerja usaha namun kompetisi serta kolaborasi juga harus dilakukan untuk kepentingan bersama.

“Kami mendirikan Resto Girimanah untuk ikut mendorong berkembangnya kawasan wisata Nanggulan,” jelas Dian Ariani, selaku salah satu owner. Dian menambahkan, bahwa usaha resto yang didirikan juga menyerap tenaga kerja dari wilayah sekitar. Girimanah didesain untuk semua kalangan, dengan sajian berbagai macam menu (nasional/internasional) termasuk lokal/tradisonal.

Seusai bersepeda sekitar 1 jam, seluruh peserta diberi sajian menu sarapan ala “Girimanah”. Sambil menikmati sarapan, peserta gowes juga menikmati sajian lagu dari I Like Sunday Band dan acara dipandu oleh  MC “Duo Kebo”.  Kemudian acara diakhiri dengan pembagian puluhan doorprize dari Bank BPD DIY. (*/ ted)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *