Sendang Sombomerti, Destinasi Wisata Air yang Menyenangkan Di Sleman

Suasana salah satu sudut destinasi Sendang Sombomerti, yang berlokasi di Dusun Sombomerten, Kalurahan Maguwaharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DIY. (Nuning Harginingsih/ bernasnews)

bernasnews — Menyoal potensi wisata air, entah berupa kolam renang, sungai, telaga, sendang atau belik di wilayah Kabupaten Sleman dapat dikata cukup kaya karena sumber-sumber air jernih seperti itu masih banyak tersedia di dataran tinggi bagian dari lereng gunung Merapi.

Salah satu wisata air yang kekinian semakin dikenal adalah Sendang Sombomerti, yang berlokasi di Dusun Sombomerten, Kalurahan Maguwaharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DIY. Destinasi wisata air ini tidak jauh dari selokan Mataram.

Sendang atau belik ini airnya jernih mengalir sepanjang tahun dan tidak pernah asat (habis). Sebelumnya sendang ini oleh warga setempat hanya dipergunakan untuk memandikan ternak, khususnya sapi. Kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata alam, berupa kolam pemancingan, kolam renang dewasa dan anak – anak, terapi  ikan.

Pengembangan Sendang Sombomerti ini berkolaborasi dengan para 3 kelompok petani ikan, dengan adanya pembudiyaan ikan di wilayah tersebut yakni Mina 21, Mina Karya dan Mina Barokah. Seluas lebih kurang 2 hektar di sekitar wilayah wisata alam yang sejuk itu masih tumbuh berbagai macam pohon langka yang menaungi serta menambah sejuknya destinasi wisata, seperti pohon kolang kaling, serut, kemuning, dan lainnya.

Salah satu wahana untuk memperkenalkan anak pada alam di Sendang Sombomerti. (Nuning Harginingsih/ bernasnews)

Sementara pengelolaan wisata ini langsung ditangani oleh warga secara swadaya dan untuk meningkatkan dan mengembangkan, warga pengelola bekerja sama dengan sebuah bank berupa peminjaman program KUR.

“Guna mengembangkan Sendang Sombomerti oleh para warga yang termasuk dalam anggota kelompok pengelola mengambil KUR dari Bank BRI. Adapun untuk membayar cicilan KUR dilakukan dengan iuran  oleh anggota kelompok,” terang Martono, salah satu anggota pengelola kepada bernasnews, beberapa waktu lalu.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa beserta jajarannya saat melakukan kunjungan di Sendang Sombomerti, Selasa (23/4/2024). Foto: Nuning Harginingsih/ bernasnews.

Lebih lanjut Martono menambahkan, Sendang Sombomerti buka jam 07:00 – 17:00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp 5.000,- per orang, sudah termasuk berenang dan lainnya. Sedangkan untuk terapi ikan pengunjung hanya sekadar membayar infak di kotak yang telah tersedia. “Selain itu, pengunjung juga bisa memancing dan atau membeli ikan pada para petani pengelola ikan setempat,” pungkas dia.

Sendang Sombomerti sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang diantaranya mushola, toilet, warung makan sekitar area. Juga arena parkir yang luas serta ada bangunan berupa pendopo yang bisa digunakan untuk pertemuan. Suasana yang adem dan tidak jauh dari kota, sangat sayang bila sampai terlewatkan untuk tujuan wisata keluarga. (nun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *