Libur Lebaran 2024, Kampung Wisata Mulai Dikunjungi Oleh Wisatawan

Pasukan orange dari DLH Kota Yogyakarta tetap menjaga kebersihan di tengah banjirnya wisatawan di Malioboro Kota Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ bernasnews)

bernasnews — Seusai libur panjang lebaran dan cuti bersama, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta melakukan penghitungan kunjungan wisatawan. Menurut catatan sementara untuk tahun 2024 ini jumlah wisatawan naik secara signifikan dari tahun sebelumnya.

“Jumlah pengunjung selama libur lebaran di Teras Malioboro saja rata-rata mencapai 24 ribu pengunjung setiap harinya. Jumlah keseluruhan kunjungan ke Kota Yogyakarta selama libur lebaran ini meningkat jika dibandingkan tahun lalu,” ungkap  Analis Kebijakan Muda Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Krismono Adjie.

“Masih akan ada jumlah kenaikan dilihat dari suasananya. Tidak hanya di kawasan Tugu, Malioboro, dan Kraton (Gumaton) saja. Tetapi wisatawan juga mengunjungi hingga ke destinasi museum,” lanjut Krismono Adjie, dikutip dari Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta.

Pihaknya menambahkan, bahwa wisatawan juga banyak berdatangan ke kebun binatan (GL Zoo) dan tempat wisata lainnya seperti Taman Pintar, Malioboro, dan Kraton Yogyakarta.

Menurut dia, penambahan jumlah pengunjung ini berkat adanya media sosial. Sehingga kunjungan wisatawan ke kampung-kampung wisata juga mengalami peningkatan secara signifikan.

Wisatawan kekinian sudah modern update sosial media. Rata-rata paling banyak dikunjungi adalah Kampung Wisata Purbayan, Cokrodiningratan, dan Rejowinangun.

“Ketiga kampung wisata ini banyak didatangi lantaran namanya yang sudah familiar serta telah memiliki penghargaan kampung wisata yang berskala nasional,” pungkas Krismono Adjie. (ted)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *