News  

Jumlah Penumpang KRL Commuter Jogja-Kutoarjo Capai Rekor di Momen Libur Lebaran

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba saat memberikan keterangan. (Foto : Wulan/ bernasnews)

bernasnews – Momen libur lebaran 2024 yang cukup panjang turut membawa dampak perekonomian positif bagi sejumlah sektor termasuk moda transportasi Kereta Api (KA).

Tak bisa dipungkiri, masih banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan Kereta Api sebagai alternatif perjalanannya. Hal ini disampaikan oleh VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dimana animo pengguna Prameks ternyata masih sangat tinggi di momen libur lebaran tahun 2024 ini.

Tercatat ada 4.600 penumpang mengakses kereta tersebut dengan tujuan Jogja-Kutoarjo di h+2 lebaran.

“Rekor kita pecahkan yakni 4.600 penumpang untuk Prameks. Kami sangat berterimakasih karena kepercayaan pada Prameks sangat besar, ini rekor selama operasional KA Jogja tujuan Kutoarjo ini,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba.

Begitu pula dengan relasi KRL Jogja-Solo. Anne juga menuturkan di hari pertama lebaran Rabu (10/4), per pukul 18:00 WIB, ada 7.791 pengguna KRL Jogja-Solo. Lalu untuk pada lebaran kedua, Kamis (11/4/2024), angka tersebut meningkat, ada 12.068 pengguna KRL Jogja-Solo, per pukul 15:00 WIB.

Melihat masih tingginya animo tersebut, pihaknya pun menargetkan ada 25 ribu orang yang naik KRL dari Yogyakarta menuju Palur.

“Kami prediksi juga melayani di atas 23 ribu karena di beberapa jadwal kereta juga sudah mulai meningkat (penumpangnya),” ucap Anne.

Suasana gate KRL dan Prameks di Stasiun Yogyakarta Tugu. (Foto : Wulan/ bernasnews)

Ia menyampaikan alasannya menaruh target volume tertinggi mencapai 25 ribu penumpang dalam satu hari itu karena Jumat-Minggu masih masuk libur Lebaran dan akhir pekan. Selain itu, KRL Jogja-Solo juga terkoneksi dengan kereta jarak jauh dan kereta bandara.

“Setelah ada gate baru, (jangkauannya) lebih luas sehingga antrian bisa diperbaiki,” ucapnya.

“Ada 30 perjalanan selama libur Lebaran ini yang ini dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya. (lan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *