News  

Mempererat Tali Silaturahmi, Cakep IV’75 Gelar Acara ‘Kangen-kangenan Sembari Halal Bi Halal’

Alumni CAKEP IV'75 foto bersama usai melaksanakan acara ‘Kangen-kangenan Sembari Halal Bi Halal’ , Minggu (14/4/2024). Foto: Istimewa.

bernasnews  — Belasan alumni SD Keputran IV Yogyakarta, tahun 1975 atau juga sering disebut dengan Cakep IV’75 menggelar acara pertemuan ‘Kangen-kangenan Sembari Halal Bi Halal’ bertempat, di Resto Sunda Kahyangan, Jalan Katamso, Yogyakarta, Minggu (14/4/2024).

Acara reuni yang dikemas sederhana namun penuh makna ini, dihadiri oleh anggota Cakep IV’75 tidak hanya yang berdomisili di Jogja, namun juga dari Bandung, Tangerang, Jakarta serta Kediri, Jawa Timur. Adapun kebanyakan telah purna tugas, dari mantan pejabat, perbankan, swasta juga PNS.

Ketua Suku (Ketua Kelas) Cakep IV’75 Berbudi Hartono dalam sambutannya mengemukakan, bahwa pertemuan ini adalah merupakan media silaturahmi untuk mempererat persahabatan yang telah dipupuk bersama selama 6 tahun kala bersekolah di SD Keputran IV Yogyakarta.

Menurut Berbudi, pertemuan ini kali pertama diselenggarakan kembali setelah pandemi Covid dan juga penyelenggaraan reuni di gedung sekolah belasan tahun lalu. “Meskipun tiap tahun teman-teman juga sering ketemuan reuni namun bersifat spontanitas. Alhamdulillah hari ini yang hadir hampir separo dari total jumlah alumni,” ujarnya.

Kangen-kangenan diisi dengan saling ceritera dan mengungkapkan kembali kisah-kisah masa sekolah di SD Keputran IV Yogyakarta, selatan Alun-alun Lor yang penuh kenangan dan kelucuan. Misal, saat mendapat hukuman oleh guru berdiri di depan kelas atau dicubit lantaran kenakalannya. Kekinian pengalaman itu justru menjadi kenangan indah.

“Sungguh berbeda sekali dengan zaman sekarang, guru dalam menghadapi kenakalan siswa dibayang-bayangi oleh HAM. Hal itu, dialami oleh rekan sejawat saat memberikan hukuman pada anak didiknya yang kemudian dilaporkan oleh orang tuanya sehingga rekannya dimutasi,” kata Isharyanti, yang pensiunan Guru PNS.

Sementara, Bambang Guritno mantan Pejabat di Pemkab Bantul mengungkapkan, bahwa dia setelah purna (pensiun) dari pekerjaan justru keinginan untuk bersilaturahmi dengan teman-teman sekolah semakin tinggi. “Silaturahmi tanpa sekat dan jabatan, semua kembali saat-saat menjadi siswa sungguhlah indah. Kita juga bisa bertukar pengalaman guna menambah wawasan yang bermanfaat untuk keluarga,” ucap dia.

“Generasi usia kita adalah generasi yang beruntung lantaran masa sekolah dulu masih mengalami permainan-permainan yang kekinian sudah jarang ada. Juga generasi yang dapat menyaksikan perubahan teknologi. Harapannya dengan silaturahmi seperti ini bisa memperpanjang usia serta membuat kita semua tetap sehat,” pungkas Bambang.

Usai kangen-kangenan, acara dilanjut dengan bezok anggota Cakep IV’75 yang nggak bisa hadir dikarenakan sakit. “Silaturahmi atau setidaknya ucapkan salam di grup whatsapp, sangat diharapkan. Sekarang ada fasilitas teknologi yang juga dapat digunakan untuk reuni,” harap Suci Bandrio, alumni yang bergerak di bidang teknologi. (ted)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *